homepage

martes, 4 de septiembre de 2012

Intel Siapkan Atom Quad-Core ValleyView


logo intel
Produsen microprosesor x86 terbesar di dunia, Intel, dikabarkan tengahmengembangkan prosesor hemat energi Atom ValleyView yang dilengkapi 4 inti pemrosesan atau quad-core yang nantinya akan menyasar pasar tablet PC.
Intel tampaknya bereaksi cepat setelah AMD meluncurkan platform hemat energi AMD Brazos 2.0 yang digawangi oleh prosesor APU seri E-1000 dengan grafis Radeon seri 7000 dengan sebuah Atom baru yang menggunakan kodenama ValleyView.
Berita ini diperkuat dengan bocornya sebuah dokumen rahasia Intel pada tanggal 15 Agustus lalu yang kemudian muncul di situs web berbahasa China yang menunjukkan kehadiran prosesor Atom quad-core.
Berdasarkan dokumen yang bocor di situs China tersebut, Intel mendesain AtomValleyView quad-core dalam bentuk System on Chip (SoC), model seperti ini biasanya diterapkan pada prosesor berbasis ARM.
Model SoC ini diklaim dapat menghemat konsumsi daya prosesor dan sistem keseluruhan secara signifikan sehingga cocok diaplikasikan pada tablet yang membutuhkan daya tahan baterai yang lama.
Atom quad-core tersebut diproduksi dengan proses manufaktur 22nm dengan arsitektur yang disebut sebagai Silvermont.
Intel juga membekali Atom ValleyView quad-core dengan grafis yang terintegrasi yang diklaim memilikimkinerja yang lebih baik dibandingkan garfis Intel generasi sebelumnya.
Intel membenamkan 4 graphics engine generasi ke 7 yang diklaim mampu menghasilkan performa grafis hingga 7x lipat dibanding grafis yang terdapat pada Atom E600.
Intel juga membekali Atom quad-core dengan dukungan memori kontroler yang mampu menangani hingga 8GB DDR3L-1066 atau 1333 serta dukungan untukport HDMI, SATA 2 dan USB 2.0 dan 3.0.
Seperti yang dilansir dari CNET (27/08/2012), Prosesor Atom Valley View quad-core ini ditujukan untuk pasar tablet yang membutuhkan kinerja yang cepat dan daya tahan baterai yang lama. Atom generasi baru ini akan diluncurkan pada pertengahan 2013.
(sumber : sidomi.com)

No hay comentarios:

Publicar un comentario